21 Oktober 2008

Selamat Jalan Yello...


In Memoriam of Yello (290908 – 201008)

Yello Bello….


Ini nama kucing gue yang baru. Waktu liburan Lebaran kemarin, gue ketemu sama dia. Pertama kali yang ngeliat Ali. Gue baru liat dia pas baru pulang, lupa darimana. Gue langsung suka dari pertama kali ketemu. Kucingnya manis, cewek, kecil jg kaya waktu pertama ketemu Kero, bulu & belangnya bagus, kuning. Itu sebabnya gue kasih nama Yello. Tiap hari ketemu jadi tambah sayang sama dia. Kita juga punya rencana mau bawa ke Surabaya, Cuma saat itu dalam kondisi masih bingung masalah bawanya gimana. Soalnya Kero aja kita titipin di Dokter hewan waktu mau ke Jakarta.


Setiap kali dia liat gue pasti ngejar ngikutin kemana aja gue pergi, sampe ke kamar atas, dengan badan kecilnya dia naikin tangga sambil lompat satu persatu. Yello kucing yang lincah, pinter lompat, dengerin kalo orang lagi ngomong, kadang dia jg suka ngajak ngobrol, Cuma kadang pada gak ngeh aja, karena dia begitu pas kita juga lagi ngobrl, jadi gak ngeh. Pernah lagi anak2 karate ke rumah pas hari ketiga lebaran, gue lg ngobrol sama anak2, eh gak taunya dia yang duduk disamping gue, ngadepin gue ngajak ngobrol dengan ngeong2, saking dia & suaranya kecil, gue saat itu gak ngeh, malah Ali yang ngasitau “tuh cha diajak ngomong..gak merhatiin nih!!”, pas gue nengok, ternyata iya dia lagi ngeliatin gue sambil ngeong2. Aduuh…gue gak tahan nangis klo inget ini. Kadang jg dia ngajak bercanda dengan lari-larian. Buat gue Yello kucing yang kuat dengan badannya yg kecil lincah & lompat kesana kemari. Waktu gue masih di Jakarta dia juga sudah susah makannya. Gak lahap kaya dulu Ucil.


Ali juga suka sama Yello, karena karakternya mirip Kero yang lincah, jahil, pinter. Dia klo tidur pasti dibawah meja di atas keset2. Atau di bawah laci lemari. Yello juga kadang tidur di kamar nyokap di belakang. Pasti tidurnya selalu ngikutin gaya siapa aja yg kebetulan lagi disitu. Yang paling sering diikutin gaya tidurnya adik gue, Deni & Ipan. Gayanya lagi dia lebih milih deket kipas angin, tapi tetep diatas bed pastinya. Pernah juga ada kejadian yang aduh bikin terharu. Saat itu gue ma Ali lagi mau ke rumah Aba’ (my father in law), gak sengaja gue nyeplos didepan pagar rumah “ si Yello kemana ya Ta? Gak kliatan”, tau2 gak lama dia kaya tau dirasanin, eh dia tau2 manggil dengan ngeong khasnya gak taunya dia dipojok atas dipan bamboo di teras. Lucu kan??...padahal itu belum terlalu lama kenal. Gue sempat juga ngambil fotonya Yello pake HP. Pas gue mau pulang kesini, smpet bimbang banget bawa Yello, apa nanti dia diterima Kero? Apa gak ada halangan waktu bawa dia? Macem2. Akhirnya pas pulang malah gak jadi dibawa. Gara-garanya waktu beli tiket di Gambir, kita Tanya di Customer Service, prosesnya bertele-tele, kok kaya naik Pesawat aja, tau sama ribetnya mendingan kita kemarin naik jg pesawat bawa Yello. Ribetnya kaya gini, harus ada surat lengkap dari Dokter, sudah di vaksinasi lengkap, kita juga mesti bawa Yello dulu ke Stasiun Kota karena katanya Keretanya dari sana. Gue smpat bilang, kita mungkin mau titip aja di restorasi atau mungkin kereta barang supaya gak ganggu penumpang lain. Eh gak bias katanya. Nanti klo dia penyakitan bisa nularin yang lain. Soalnya pernah ada kasus ada yang bawa ayam, trus taronya ya di kereta penumpang bareng yg punya. Trus ada yg kena virus apa lah, trus akhirnya dibawa ke rumah sakit, biayanya yang nanggung PJKA asal daerah org itu naik. Hmmm…kayanya gak mungkin banget, tepu bgt. Akhirnya pas hari H, Ali bilang nanti aja kepulangan berikutnya kita bawa. Kita tanya2 dulu sikon di kereta. Padahal smpet gue mau nekat bawa, pake kardus dibolongin. Toh Yello suaranya kecil banget, ngeong2 pun gak ada yg denger. Cuma akhirnya gue turutin permintaannya Ali.


Yang nyebelin, ternyata di Argo anggrek kereta yg kita naikin, sampe kenal sama crew2nya saking sering naik. Mereka bilang, aturan bawa aja titip di restorasi gak apa2. paling kita kasi uang diem/rokok kata Ali begitu. Yaaaaaaaahhhh…..udah didalem kereta waktu itu sudah sampe daerah Karawang klo gak salah. Nyesel banget gak dibawa. Gue sempet bilang ma nyokap+ adik2 gue, klo bulan depan jadi maen ke Yogya tempat nenek tolong bawain Yello…tapi semua dah terlambat sekarang.


Tadi pagi Ipan SMS gue, dia bilang Yello sakit mbak, dari semalam, gak mau makan, muntah2. ipan sampe bingung mau kasi obat apa. Karena suasana Surabaya hari ini sumpah Panassssssssss banget, rumah gue jg kaya di Oven. Gue sampe gak kepikiran bawa ke dokter/ telpon dokter hewan terdekat. Gue Cuma bilang via sms ke Ipan. Klo kasus Yello persis kaya waktu Kero seusia Yello, sakit karena masuk angina, sampe muntah2. tapi dulu Kero gue kasi obat BODREXIN separo, trus perutnya diolesin kayu putih, alhamdulillah Cuma 3 hari dua malam Kero begitu. Terus sembuh. Gue jg Tanya dikasi makan apa? Karena selama ini Kero gue kasih makanan mateng, Ati + ayam rebus, ikan banding, ikan pindang tongkol, sama Friskies jg Whiskas alhamdulillah sehat2 aja. Pas sore Pak Lek gue sms ke Ali, ngabarin Yello sakit tambah parah, muntah2 mulu, mau dibawa ke dokter cm gak tau kemana. Akhirnya pas Ali pulang gue yang bales smsnya. Gue jg baru inget, kalo gue punya info & alamat Dokter hewan di Jakarta lewat milist pecinta kucing. Untung sempat gue save. Akhirnya gue kirimin nomer+alamat. Gue juga smpat sms Drh. Puguh yang bisa House Call. Gue jg salut sama pak Dokter ini. SMS gue langsung dibales, dia langsung minta alamat rumah dan kesana malam ini juga. Gue lega banget dengernya dia bisa dateng.


Gak lama jam 20:00 pak Dokter telpon gue, ngabarin kalo Yello kena “Virus CAT FLU”. Dia juga bilang, klo dia akan berusaha semaksimal mungkin, cm dia hanya manusia biasa, jadi keputusan tetap sama Allah. Dia bilang gitu karena Yello dah disuntik+kasi obat Oral tapi diem aja gak merasa kesakitan. Dr. Puguh juga selama 3hari kedepan akan dating ngecek Yello gmana kondisinya. Saat itu gue lega dengernya. Cuma akhirnya gue dapat berita yang ngagetin dari telpon Ipan. Jam 20:42 selang 42 menit dokter pulang. Yello meninggal dunia. Ipan bilang badannya dah kaku, gak ada nafasnya, tapi badannya masih hangat. Gue bilang ke Ipan jangan langsung dikubur, tunggu setengah jam, takutnya dia cm pingsan atau koma, mungkin karena badannya kaget, sebelumnnya sama nyokap dia dikasih Mylanta, trus sama pak dokter di suntik dan kasi obat. Gue gak salahin siapa2, karena mungkin dah jalannya Yello begini. Yang gue sesalkan adalah gue gak jadi bawa dia waktu itu. Seandainya dia gue bawa mungkin masih ada. Karena orang rumah gak terlalu telaten ngurus kucing kaya gue n Ali. Selama gue tinggal gue dah pesen2 sm Ibu, Ipan, Deni, lek gue untuk ngerawat Yello. Nanti gue pulang gue ambil. Jangan biarin mbah galak sama dia. Karena Mbah perempuan gue ini memang anti binatang. Akhirnya gak lama gue telpon Ipan, katanya dah dikubur dibawah pohon belimbing depan rumah. Pake kain Putih. Ditempat ini jug ague dulu nguburin kelinci putih gue. Gue sampe nangis telpon Ipan karena sambil liat foto2 Yello di computer. Ipan jg pas lg makan, katanya biasanya Yello ngeong2 nyamperin trus dikasi makan sama Ipan. Ipan bilang sblum gue telpon dia kaya denger suara Yello. Gue sampe bilang Pan jangan2 Yello belum mati masih hidup tpi dah dikubur, Cuma Ipan ngeyakinin gue dengan keterangan kaya di atas, klo badannya dah kaku dll.


Selamat Jalan Yello Bello…semoga kamu tenang di Alam sana, smoga suatu saat kita bisa ketemu lagi. Terima kasih dah bawa semangat dan kasih sayang di rumahku. Terima kasih karena dah sempat hadir ditengah2 keluargaku. Kedatangan Yello bawa banyak perubahan yang baik. Ibu, Ipan, Deni, Ayah, Mbah, Pak lek semua jadi sayang sama Yello, mereka perhatiin Yello, bahkan ikut2an ngerawat Yello. Ibu juga jadi rajin mandiin Yello berdua Ipan, sampe di Hairdryer segala bulunya biar anget. Mbah juga jadi gak galak lagi sama kucing. Karena Yello pinter, pipis dan pup diluar dekat tanaman yang ada tanah2nya, gak pernah didalem rumah. Maafin kita ya Yello mungkin kurang bisa merawat Yello.


Yello will always be the shining light of our house & our heart.

Good bye Yello….We’ll gonna miss u, and we always Love & care for u.

Especially me, I will keep your remembrance in my heart n my mind

I’m so sorry can’t take u here with me.…I’m sorry can’t be with u on your last moment

U’ll always be my small baby, U will always be Kero Sister

I love you Yello…….


Me, Sby October 21,2008_02:25

Tidak ada komentar:

everybody Fat